Analisa Emas Hari ini: 2 Agustus 2021 – Emas Kehilangan Kekuatan

Artikel ini terakhir di perbaharui August 4, 2021 by Yuliati Iswandiari
Analisa Emas Hari ini: 2 Agustus 2021 – Emas Kehilangan Kekuatan

Analisa emas hari ini masih melanjutkan tren penurunan pada Jum’at (30/07/2021), emas kembali terkoreksi pada Senin pagi (02/08/2021). Pada hari Jum’at lalu, harga emas jatuh ke level terendah yakni $1.810,23, dan ditutup pada level $1.814, setelah berhasil mencapai level tertinggi pada $1.831 pada Kamis (29/07/2021). 

Koreksi pada emas dipicu oleh penguatan dolar AS setelah pernyataan hawkish James Bullard, Presiden The Fed St. Louis yang menyatakan bahwa tapering (salah satu upaya yang dilakukan The Fed, sebagai bank sentral Amerika Serikat, guna meredam laju inflasi) seharusnya bisa dimulai pada musim gugur tahun ini, dan prosesnya harus berakhir pada Maret 2022 seiring dengan kenaikan inflasi AS yang lebih tinggi dari ekspektasi. Komentar ini berhasil “menenggelamkan” emas karena dolar AS yang cenderung menguat kembali.

Berbeda dengan Bullard, pernyataan Ketua The Fed Jerome Powell yang lebih dovish membuat dolar AS “runtuh” dan menyatakan pentingnya lapangan pekerjaan dan memantau dampak ekonomi akibat varian Delta virus Covid19 dibandingkan hanya “membaca” dan terpaku pada data laju inflasi. 

Namun, meskipun emas mengalami penurunan, banyak analisis masih optimis pada kenaikan harga emas di Agustus ini didukung oleh pernyataan The Fed yang tidak menyebutkan arah kebijakan pembelian aset atau kenaikan suku bunga.

Edward Moya dari OANDA masih menunjukkan optimisme pada harga emas karena emas sudah berada pada “jalur yang benar” dan masih akan melihat “apa yang akan datang” dari The Fed. Menurut Moya, suku bunga akan tetap lebih rendah untuk waktu yang lama, dan hal ini bagus untuk emas. Powell juga mengakui varian Delta Covid19 telah meningkatkan risiko terhadap pertumbuhan ekonomi.

Itulah analisa emas hari ini, Anda juga bisa bergabung dengan komunitas trader di Telegram GICtrade untuk bertanya langsung kepada sesama trader seputar pengalaman trading. Follow juga Instagram GIC untuk mendapatkan informasi webinar dan berbagai hadiah menarik. Selain itu, di YouTube GIC, para trader juga bisa belajar trading gratis loh!

Tunggu apalagi? Makin lengkap fitur yang mendukung penuh Anda untuk memulai investasi dan trading forex dan emas melalui GIC. Jadikan transaksi lebih simpel, aman, dan menguntungkan. Mulailah dengan membuat akun demo.

Yuliati Iswandiari
Yuli is a writer and editor with over 4 years of experience who covering a wide range of writing. She always worked on the digital team. Previously she covered the health, lifestyle, and beauty content. As a writer for GIC, her mission is to provide educational information to help you make smarter and better-informed decisions because she knows finance can be complex and intimidating.