Analisa Emas Hari Ini 30 Agustus 2021: Emas Berhasil Menembus $1.800

Artikel ini terakhir di perbaharui August 30, 2021 by Yuliati Iswandiari
Analisa Emas Hari Ini 30 Agustus 2021: Emas Berhasil Menembus $1.800
  • Harga emas dunia berhasil naik menembus $1.800.
  • Kenaikan ini dipengaruhi oleh pidato ketua the Fed Jerome Powell yang berpidato pada symposium Jackson Hole di Kansas pada Jum’at.

Pada saat artikel analisa emas hari ini 30 Agustus 2021 ini ditulis, harga emas berada di level 1.817. Setelah dua minggu tidak berhasil menembus 1.800 pada sesi Asia hari Senin ini, harga emas dunia terkoreksi naik setelah ketua the Fed Jerome Powell bernada dovish mengenai tapering yang menyatakan bahwa bank sentral AS ini baru akan mencoba memulai mengurangi pembelian obligasi bulanan senilai $120 miliar per bulan pada akhir tahun ini.

Tidak adanya kepastian waktu tentang kenaikan suku bunga merupakan alasan utama para pelaku pasar kembali melakukan risk on pada pasar saham dengan melepas dolar AS, sehingga terjadi kenaikan pada emas. Indeks dolar AS terkoreksi turun 0,9% sehingga berdampak pada kenaikan indeks saham Dow Jones 1,16% dan XAUUSD naik 2,4% dalam sepekan lalu.

Lantas, apakah hal ini cukup untuk membuat emas berhasil naik keluar dari rentang harga perdagangan yang sudah ada selama ini? Ketua the Fed berhasil mencegah terjadinya Free Fall yang terjadi di pasar uang AS dengan mengatakan bahwa taper akan dilakukan pada akhir tahun ini, tetapi tidak secara otomatis melakukan penarikan likuiditas secara besar-besaran, dengan menaikan suku bunga dalam waktu dekat.

Para trader bisa melihat indeks dolar AS bisa tertekan dalam jangka pendek tetapi dalam jangka waktu panjang penguatan dolar AS akan kembali terjadi kedepannya.

Penarikan program stimulus terhadap pembelian obligasi akan terjadi pada akhir tahun ini dan bisa dilakukan lebih cepat oleh the Fed jika terjadi penguatan data NFP yang dirilis pada akhir minggu ini serta terjadi ledakan angka inflasi yang melebihi 5,4%.

Bagaimana analisa teknikal gold?

Koreksi kenaikan emas masih akan terjadi terjadi sampai ke level resistance kuat sebelum melanjutkan penurunan kedepannya. Diprediksi tren masih bearish.

  • Pivot poin = 1807,45
  • Support 1 = 1795, 86
  • Support 2 = 1774, 08
  • Support 3 = 1761, 50
  • Resistance 1 = 1829,75
  • Resistance 2 = 1841,86
  • Resistance 3 = 1864,00 

Trading plan

  • BUY = 1825
  • TP 1 = 1830
  • TP 2 = 1835
  • SL = 1820

Demikianlah analisa emas hari ini 30 Agustus 2021. Masih bingung bagaimana cara membaca analisa agar pasti profit? Tenang, Anda bisa loh ikut kelas GIC Academy.

GIC Academy adalah wadah edukasi trading bagi para trader untuk tingkat pemula dan profesional agar trader semakin mahir untuk profit. Edukasi ini bisa berupa webinar, e-book, atau video. Banyak kelas yang bisa Anda ikuti secara gratis jika Anda menjadi trader di GIC. Yuk intip kelas GIC!

Yuliati Iswandiari
Yuli is a writer and editor with over 4 years of experience who covering a wide range of writing. She always worked on the digital team. Previously she covered the health, lifestyle, and beauty content. As a writer for GIC, her mission is to provide educational information to help you make smarter and better-informed decisions because she knows finance can be complex and intimidating.