Analisa Emas Hari Ini: 23 Agustus 2021 – Emas dalam Ancaman Turun

Artikel ini terakhir di perbaharui August 23, 2021 by Yuliati Iswandiari
Analisa Emas Hari Ini: 23 Agustus 2021 – Emas dalam Ancaman Turun
  • Harga emas masih berpotensi turun pada perdagangan pekan ini

Melemahnya pair emas terhadap USD pada pekan ini terjadi akibat proyeksi penguatan yang terjadi pada dolar AS. Wacana the Fed untuk melakukan pemangkasan stimulus pada tahun ini menjadikan indeks dolar AS menguat secara signifikan sebesar 1,4% sejak pekan lalu, dan saat ini indeks USD berada pada level 93,4.

Pada saat analisa emas hari ini 23 Agustus 2021 ditulis, emas berada di level 1.787. Semakin membaiknya data ekonomi Amerika terutama di bidang ketenagakerjaan, tingkat pengangguran, dan juga inflasi yang menguat stabil. Hal ini membuat pasar optimis akan adanya tapering oleh the Fed pada tahun ini dan membuat indeks dolar AS terus menguat dan menekan laju harga emas.

Lalu, bagaimana analisa trading emas hari ini?

Secara umum, pergerakan emas pada grafik H4 berada dalam kondisi bullish dan jika diperhatikan harga sedang melakukan fase konsolidasi. Jika pergerakan emas bergerak ke bawah dan tertahan di sekitar area kritis pada kisaran 1.768-1.747 maka tunggu kemunculan bentuk pola candlestick bullish yang valid dengan memperhatikan juga indikator ADX berada di atas level 25 karena ada potensi harga emas kembali bergerak bullish ke atas menuju level 1.816.

Sebaliknya waspadai jika harga emas terus bergerak ke bawah dan menembus level 1.747 maka ada potensi harga akan berbalik arah dengan bergerak bearish ke bawah menuju level berikutnya pada kisaran 1.717. Demikianlah analisa emas hari ini 23 Agustus 2021.

Masih bingung bagaimana cara membaca analisa agar pasti profit? Tenang, Anda bisa loh ikut kelas GIC Academy. GIC Academy adalah wadah edukasi trading bagi para trader untuk tingkat pemula dan profesional agar trader semakin mahir untuk profit. Edukasi ini bisa berupa webinar, e-book, atau video. Banyak kelas yang bisa Anda ikuti secara gratis jika Anda menjadi trader di GIC. Yuk intip kelas GIC!

Yuliati Iswandiari
Yuli is a writer and editor with over 4 years of experience who covering a wide range of writing. She always worked on the digital team. Previously she covered the health, lifestyle, and beauty content. As a writer for GIC, her mission is to provide educational information to help you make smarter and better-informed decisions because she knows finance can be complex and intimidating.